Guru yang Menginspirasi

Guru inspiratif adalah guru yang mampu menularkan pengetahuan dan sekaligus menggerakkan perubahan serta memengaruhi siswa. Jadi, guru inspiratif bukanlah sekadar guru kurikulum, tapi mampu mengembangkan potensi dan kemampuan siswa, berpikir kreatif dan mampu melahirkan siswa yang tangguh dalam menghadapi aneka tantangan dan perubahan.

Standar kesuksesan mengajar seorang guru inspiratif tak hanya diukur secara kuantitatif dari angka-angka yang diperoleh dalam evaluasi. Tapi bagaimana guru itu memberi sumbangsih yang berarti bagi siswa dalam menjalani kehidupan selanjutnya setelah selesai masa studi.

Menjadi guru inspiratif memang tak mudah. Diperlukan kerja keras supaya spirit inspiratif itu tetap ada. Namun, setidaknya spirit inspiratif bisa dibangun dengan tiga elemen; tekad (bertekad untuk selalu menginspirasi siswa), cinta (memiliki kecintaan dalam mendidik), dan memiliki tujuan jauh ke depan.

Dengan peran guru inspiratif yang memiliki tekad, cinta, dan tujuan itu, potensi dan minat peserta didik untuk menguasai pelajaran akan muncul. Selain itu, akan melahirkan peserta didik yang memiliki sikap dan semangat tinggi untuk sukses dalam hidup.

Guru inspiratif mempunyai karakter; semangat terus belajar, kompeten, ikhlas dalam mengajar, mendasarkan niat mengajar pada landasan spiritualitas, total, kreatif, dan selalu berusaha mendorong siswa untuk maju. Akhirnya, berapa pun dia dibayar dia akan tetap profesional dalam mengajar.

Guru inspiratif mampu membangun iklim pembelajaran dengan kreatif. Model dan media pembelajaran dibuatnya menarik perhatian. Peserta didik pun akan selalu merindukan guru semacam itu untuk terus hadir di kelas. Pembelajaran pun terasa begitu sebentar bagi peserta didik. Usai pelajaran, peserta didik pun mendapatkan pencerahan, termotivasi untuk melakukan perubahan dan pelajaran tertanam dalam. Lebih dari itu, siswa mengalami revolusi diri; cinta pada Tuhan, berubah lebih baik, mengenal bakat terpendam dan kreatif.

Guru inspiratif adalah guru yang mampu menggerakkan roda peradaban bangsa. Guru inspiratif akan membawa bangsa ke arah kemajuan. Ibu Muslimah dalam novel Laskar Pelangi merupakan salah satu guru inspiratif. Semoga saja akan lahir banyak guru inspiratif di negeri ini yang mampu membangun bangsa ini lewat jalur pendidikan.
(sumber: www.klik-galamedia.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
keyword finder Free Auto Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger