Jumlah Ideal Siswa dalam Kelas

Jumlah Ideal Siswa dalam Kelas 
Makna ideal ini relatif, bergantung pada aktivitas belajar mengajar yang akan dilakukan di kelas. Di kelas bahasa Inggris misalnya, jumlah 20 siswa dianggap ideal untuk melatih ketrampilan berbahasa produktif, misalnya Speaking atau Writing. Dengan jumlah ini, praktis semua siswa akan memperoleh kesempatan untuk menunjukkan performance mereka, dan sebaliknya, guru akan punya cukup waktu untuk memberikan arahan dan koreksi.
Namun dalam kenyataannya, jumlah siswa di sebagian besar sekolah negeri adalah 40 an siswa, sementara di sekolah swasta favorit, jumlah bisa berkisar antara 20-30. Tentunya ini tidak bisa dijadikan satu-satunya faktor untuk mengukur efektivitas PBM. Secara empiris saja, pasti seorang guru akan lebih memilih menangani siswa dengan jumlah lebih kecil.

Yang lebih penting sebenarnya adalah bagaimana menyiasati kelas "besar" dengan berbagai teknik. Misalnya,
seating arrangement (pengaturan tempat duduk) diupayakan bisa diubah-ubah sesuai dengan kegiatan kelas. Sebuah kelas dengan jumlah siswa 40 an tetap bisa diupayakan agar semua siswa terlibat secara aktif dalam PBM bila tempat duduk diubah untuk kerja berpasangan dan kerja kelompok. Guru juga perlu mengupayakan agar selalu ada ruang gerak bagi guru untuk "go around the class" untuk mengawasi kegiatan setiap kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de Ping your blog, website, or RSS feed for Free Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
keyword finder Free Auto Backlink
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger